Cara Membuka Write Protected pada Flashdisk

Sebagian besar flashdisk menyediakan fungsi proteksi data yang berguna untuk mencegah data terhapus tidak sengaja ataupun mencegah data terjangkit oleh virus dan bermanfaat juga untuk melakukan patching dengan flashdisk pada komputer yang terinfeksi virus.

Ada 2 cara untuk memproteksi data pada flashdisk yaitu dengan menggunakan:

1. Write Protection Switch Lokasi switch ini berbeda-beda tergantung merk dan tipe flashdisk, namun umumnya terletak di bagian samping, dekat dengan port USB dan ukurannya cukup kecil. Switch ini bisa diset ke 2 posisi, yaitu Lock (biasanya dilabeli dengan gambar gembok tertutup) dan Unlock (biasanya dilabeli dengan gambar gembok terbuka). Jika switch dalam posisi Lock, maka flashdisk dalam mode read-only alias flashdisk hanya bisa dibaca tanpa bisa ditulisi data baru. Agar anda bisa menghapus data maupun menulis data baru ke flashdisk, set switch ke posisi Unlock.

2. Write Protection Software Memproteksi data pada flashdisk dengan software bisa dilakukan mengenkripsi/memproteksi password pada file/folder. Contoh aplikasinya antara lain adalah Folder Lock (), EncryptEasy () dan SecureIT ().

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: